link menu

Tuesday, June 3, 2014

Sinar-Sinar Keutamaan dan Kemuliaan

Beriman pada Allah merupakan sebuah kesepakatan antara jiwa, lisan serta langkah, yaitu pembenaran qalbu, diucapan dengan lidah, serta pengamalan dengan anggota badan terhadap yang disampaikan oleh nabi Muhammad Saw. Dari keimananlah memancar sinar-sinar keutamaan dan kemuliaan.

Apabila keimanan kepada Allah telah merasuk dalam kalbu dan menetap dalam jiwa serta terlahir dalam bentuk sikap maka itu pertanda bahwa ia percaya dan yakin atas segala yang dibawa oleh rasulullah dan menjadi bukti ketaatanya kepada Allah.


Iman itu bukanlah sesuatu yang mudah terucap oleh lisan. Sekarang ini banyak sekali orang mengaku dirinya beriman tetapi sikapnya sama sekali tidak mencerminkan dirinya iman kepada Allah.

Mengimani Allah, adalah meyakini kemaha kuasaannya, keesaannya, mampu menerima segala sesuatu yang dikehendakiNya. Tidak berbuat semena-mena sesuai keinginan sendiri, tapi sesuai dengan kehendak penciptanya Allah Swt.

Iman adalah sesuatu yang tidak bisa diwarisakan atau didapatkan dengan jual beli. Iman itu tidak hanya karena ikut-ikutan semata tanpa proses berpikir tanpa ilmu. Keimanan itu harus dibarengi ilmu serta proses berfikir. Tidak heran jika Al-Qur’an kerap mengulang ungkapan-ungkapan yang membangkitkan pemikiran dari kelalaian dan yang membebaskan umat manusia dari belenggu taklid (ikut-ikutan tanpa ilmu) seperti : “apakah kamu tidak berakal?”, “apakah kamu tidak berpikir?”,”apakah kamu tidak memperhatikan?” dan lain sebagainya

Maka dalam hal ini benar adanya  islam mewajibkan manusia untuk berfikir sama halnya ia mewajibkan manusia untuk shalat. Akidah  dalam islam pun tegak berdasarkan ilmu bukan berdasarkan penyerahan buta.
Ilmu dan iman adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, semuanya harus beriringan. Dengan ilmu hidup akan baik, dan orang yang memiliki iman maka hidupnya akan bermoral selalu berada dalam aturan Allah Swt.  Tetapi jika ilmu tanpa iman maka akan buta, begitupun iman tanpa ilmu hidup akan menjadi gelap.

Mia Ira Antika
Puncak Ledeng; 03 Juni 2014; 00:11


Share on :

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, terimakasih telah berkunjung :)