link menu

Tuesday, August 20, 2013

VIRUS ILOVEYOU PADA SISTEM OPERASI WINDOWS 7

VIRUS ILOVEYOU PADA SISTEM OPERASI WINDOWS 7
Mia Ira Antika
(Universitas Pendidikan Indonesia)

Abstrak. Virus Komputer merupakan sebutan yang tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, virus komputer sering menjadikan kendala dan ancaman bagi pengguna komputer . Seiring dengan perkembangan zaman, virus komputer semakin berkembang dan tambah ganas. dari mulai menyembunyikan file sampai dengan menghapus file dan komputer tidak bisa dinyalakan. Namun dengan begitu tidak kalah ketinggalan juga anti virus yang beredar di pasaran saat ini. Virus komputer telah mengundang berbagai kontroversi yang masih berlangsung hingga saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi sistem komputer, virus komputer pun menemukan cara-cara baru untuk menyebarkan diri melalui berbagai media komunikasi yang ada. Artikel ini membahas mengenai beberapa hal yang terkait dengan virus ILoveyou salah satu virus komputer , yaitu: definisi virus komputer; keadaan virus komputer; dan cara kerja virus ILoveYou pada komputer pada saat ini. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode Literature dan Eksperiment (pembuktian dari teori tersebut).

Kata Kunci: Virus ILoveYou, komputer, sistem operasi windows 7.

Pendahuluan
Virus komputer merupakan tantangan yang sering dihadapi oleh setiap pengguna komputer saat ini. Virus komputer yang semakin ganas dan semakin membahayakan komputer sering kali diabaikan, sehingga tidak lama kemudian komputer tidak bisa dijalankan dan jalan akhirnya adalah komputer harus di install ulang.
Sifat dasar virus komputer yaitu: mempunyai kemampuan untuk menjangkiti (menginfeksi)program lain dan menyebar. Pada dasarnya penggunaan isitlah virus dikarenakan adanya kesamaan dalam hal sifat antara virus komputer dengan virus yang kita kenal dalam dunia fisik. Di mana keduanya memiliki dua tujuan yaitu: untuk bertahan hidup dan bereproduksi.
Pada dasarnya virus komputer dapat diklasifikasi menjadi dua tipe. Tipe virus komputer yang pertama dibuat untuk tujuan penelitian dan studi, dan tidak dipublikasikan. Sedangkan tipe kedua yang merupakan kebalikan dari tipe pertama, merupakan virus komputer yangmembahayakan sistem komputer pada umumnya.
Pembahasan
Pada Ilmu Komputer, virus yang dimakasud adalah sebuah program komputer yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dengan cara menyisipkan program/ script ke dalam sebuah file lain(Setiawan : 2009, 91).
 Mirip seperti virus biologi, virus-virus komputer dapat menyebar dengan cepat pada file-file pada sebuah komputer, atau bahkan menulari file dikomputer lain,baik melalui jaringan maupun lewat kegiatan tukar-menukar file. Saat ini banyak virus yang disebarkan melalui mail. Banyak jenis Virus yang beredar pada abad ini, diantaranya yang akan dibahas sekarang adalah virus iloveyou.
Cara kerja virus komputer yaitu dengan  memodifikasi program lain sehingga virus tersebut menjadi bagian dari program tersebut. Sehingga setiap kali program tersebut dieksekusi, virus akan  di eksekusi pula dan menyerang program lain.
ILoveYou adalah sebuah virus yang menyebar pada bulan Mei 2000. Pertama kali virus ini ditemukan di Filipina. ILoveYou ditulis menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi Visual Basic Script, dan dapat menyebar baik melalui email maupun perpindahan file.
 Virus ini memikat para penerima email untuk membuka attachment yang disertakan dalam email tersebut dengan cara-cara:
a.    Memiliki attachment yang bernama “LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.VBS”.
b.   Email memiliki subject yang bertuliskan “ILOVEYOU”
c.    Pesan yang dalam email bertuliskan “kindly check the attached LOVELETTER coming from me.”
Gambar1. Virus ILoveYou

Ketika virus  ILoveYou dieksekusi, baik melalui pembukaan attachment email maupun file yang telah terinfeksi, maka virus ILoveYou melakukan berbagai langkah sebagai berikut .CERT(2000).
1.   Mengganti beberapa file dengan salinan dirinya
Ketika virus ILoveYou dieksekusi, maka ia akan mencari beberapa file dengan tipe tertentu dan membuat melakukan perubahan terhadap file-file tersebut berdasarkan jenisnya, seperti:
a.    Untuk file-file VisualBasic dan Javascript berekstensi vbs atau vbe, akan diganti dengan salinan dari virus tersebut.
b.   Untuk file-file WindowsShell berekstensi js, jse, css, wsh, sct,atau hta, akan diganti dengan salinan virus dan mendapat penggantian ekstensi dengan vbs (misalnya untuk file a.css akan diganti dengan file baru bernama a.css.vbs).
c.    Untuk file-file gambar berekstensi jpg atau jpeg, akan diganti dengan salinan virus dan mendapat tambahan ekstensi vbs (misalnya untuk file b.jpg akan diganti dengan file baru bernama b.jpg.vbs).
d.   Untuk file berekstensi mp3 atau mp2, akan dibuat salinan dari virus dengan nama yang sama. File host tidak dihapus, namun beberapa atribut yang dimiliki akan diganti untuk menyembunyikannya.
Karena yang dilakukan oleh virus ILoveYou adalah menulis ulang (overwrite) file-file tersebut, bukan menghapusnya, maka proses recovery file host menjadi hal yang tidak mungkin. Ketika pengguna mengeksekusi file-file yang telah diganti tersebut maka virus akan kembali menyebar.
Ketika virus ILoveYou melakukan proses pemeriksaan dalam untuk mencari file-file di atas, virus ILoveYou juga dapat melakukan pembuatan sebuah file yang berisi script mIRC. Jika dalam proses pencarian ditemuka file-file mirc32.exe, mlink32.exe, mirc.ini, script.ini, atau mirc.hip, maka virus ILoveYou akan membuat sebuah file bernama script.ini pada direktori yang sama. Script ini menyebabkan penyebaran kepada seorang pengguna lain yang baru bergabung dengan channel IRC tempat pengguna (yang telah terinfeksi) sedang bergabung via DDC.
2.    Modifikasi Start Page dari aplikasi Internet Explorer
Jika file dari <DIRSYSTEM>\WinFAT32.exe tidak ada, maka virus ILoveYou akan menset Start Page dari aplikasi Internet Explorer menuju salah satu dari empat URL yang dipilih secara acak. Keempat URL ini bersumber pada file yang bernama WIN-BUGSFIX.exe. Virus ILoveYou akan mencari file ini di dalam direktori dowload pada aplikasi Internet Explorer, jika ditemukan maka file ini akan ditambahkan pada program yang akan dieksekusi pada proses reboot. Kemudian Start Page dari aplikasi Internet Explorer akan di-reset menuju “about:blank”.
3.    Mengirimkan salinan dirinya melalui email
Hal ini dilakukan dengan tujuan ke seluruh alamat yang terdapat di dalam address book dari aplikasi Microsoft Outlook.
4.    Modifikasi Registry Key lainnya.

Pada dasarnya ILoveYou terdiri atas 4 buah subroutine dasar:
a.        regruns()
Subroutine ini berfungsi untuk memodifikasi registrasi sistem, yaitu MSKernel32 dan Win32DLL, sehingga jika ada dua buah file VB Script yang ditulis ulang, maka akan secara otomatis dijalankan.
b.   listadriv()
Merupakan subroutine yang bersifat rekursif dan akan menulis ulang serta mengganti nama dari berbagai file script, file gambar, dan file musik (mp3). Selain itu subroutine ini juga dapat mengganti mapping dari drive komputer yang diserang.
c.   spreadtoemail()
Merupakan subroutine yang berfungsi untuk mengirimkan email dengan virus sebagai attachment kepada seluruh alamat yang ada di dalam address book dari aplikasi Microsoft Outlook.
d.   html()
Membangkitkan sebuah file HTML yang bila dieksekusi dapat membangkitkan script dari virus ILoveYou. File HTML ini akan dikirimkan melalui aplikasi mIRC. Terdiri atas quine (program yang membangkitkan selinan dari seource code nya sendiri sebagai output) dua langkah.
Cara untuk mengecek apakah komputer Anda telah terinfeksi virus ini atau belum, Anda cukup mencari (gunakan START - FIND - FILES OR FOLDERS dan tuliskan nama file, dengan folder c:\ lalu tekan FIND NOW)keberadaan file MSKernel32.vbs, LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs, atau Win32DLL.vbs di drive system Anda. Jika Anda menemukan salah satu file tersebut, berarti komputer Anda telah terkena serangan virus ILOVEYOU.
Ada beberapa indikasi yang mungkin bisa dijadikan dasar untuk memperkirakan apakah komputer kita terinfeksi virus terutama virus ILoveYou (Untuk Sistem Operasi Windows 7), diantaranya :
·         Komputer mulai berjalan sangat lambat, ini juga bisa terjadi karena banyaknya program yang kita install dan berjalan di background
·         Munculnya file-file aneh di folder tertentu. Misalnya file yang bernama sama dengan file dokumen atau nama folder
·         Komputer sering restart atau mati sendiri sewaktu-waktu atau kita membuka program khusus seperti Task Manager, anti virus dan lainnya
·         Adanya logo tertentu jika kita klik kanan My Computer > Properties
·         Hilangnya beberapa opsi di komputer atau program tidak bisa berjalan, seperti tidak bisa membuka Folder Options atau menunya hilang, tidak bisa menjalankan Registry Editor, Membuka kotak Run, Command Prompt dan lainnya
·         Program Anti virus dan sejenisnya tidak bisa berjalan
·         Terkadang muncul pesan-pesan aneh seperti puisi dan sejenisnya
Jika komputer anda mengalami beberapa indikasi diatas, berikut tips untuk mencari lokasi virus yang kemungkinan menyerang komputer kita. Sebelumnya ada tools/program yang diperlukan, yaitu Autoruns yang merupakan merupakan bagian dari tools SysinternalsSuit.
Untuk melakukan pengecekan, pertama-tama silahkan dibuka program Autoruns, kemudian pilih tab Logon. Daftar yang ditampilkan merupakan file-file atau program yang berjalan bersama Windows 7 ketika kita mengaktifkan komputer. Jika ada file-file yang aneh atau tidak penting maka bisa di non aktifkan, dengan menghilangkan tanda check. Tetapi hati-hati, jangan salah menonaktifkan program, karena bisa berakibat Windows 7 tidak berhasil hidup. Berikut beberapa daftar yang merupakan program atau aplikasi yang dimiliki Windows 7 dan sebaiknya tetap dibiarkan, jangan dihilangkan tanda checknya :
·         rdpclip, merupakan aplikasi utama yang menangani masalah Copy File. Menyediakan fungsi bagi Terminal Services server yang mengijinkan copy dan paste antara server dan client. Program is important penting untuk kestabilan dan keamanan komputer, jadi biarkan saja
·         userinit, merupakan kunci proses di sistem operasi Windows 7. Pada proses boot-up aplikasi ini mengatur urutan start up yang diperlukan, seperti Koneksi jaringan, dan Windows Shell. Program ini sangat penting, jangan dimatikan.
·         explorer, merupakan program manager atau Windows Explorer. Aplikasi ini mengatur Tampilan Windows, Start Menu, taskbar, DEsktop dan File Manager. Jika dimatikan maka tampilan/antarmuka windows tidak akan muncul.
·         ctfmon, merupakan proses aplikasi yang dimiliki Microsoft Office, mengatur masalah Alternative User Input Text Input Processor (TIP) dan Microsoft Office XP Language Bar. Program ini tidak harus jalan, tetapi sebaiknya tidak dimatikan.

Ketiga file pertama merupakan aplikasi yang biasanya senantiasa ada di sistem operasi windows ( kecuali windows 9x / ME, yang mungkin hanya userinit dan explorer), dan seharusnya dibiarkan saja, sedang aplikasi keempat muncul jika terdapat aplikasi Microsoft Office di sistem. Dan penting diperhatikan bahwa dua aplikasi pertama diatas ( rdpclip dan userinit ) lokasinya ( kolom Image Path ) ada di C:\Windows\sistem32, aplikasi explorer ada di folder C:\Windows, sedang ctfmon ada di folder C:\Windows\sistem32, dengan asumsi kita install Sistem operasi di Drive C:. Selain keempat file diatas, bisa dicermati lokasi filenya dikolom Image Path, Apakah file tersebut merupakan anti virus, anti spyware, Sound manager, tools untuk printer dan sebagainya. Jika ada aplikasi yang lokasinya di tempat aneh atau di windows system, tetapi kita tidak mengenalinya atau tidak pernah menginstall aplikasi tersebut, bisa jadi merupakan virus.
Ada beberapa hal ketika kita mencermati daftar yang ada dalam Autoruns tersebut. Terkadang virus, Trojan, Malware dan sejenisnya akan menggunakan nama yang sama atau mirip dengan aplikasi yang dimiliki windows seperti explorer, expiorer, exploler, spooler dan sebagainya, maka perlu dicermati nama dan lokasinya. Misalnya ada nama explorer tetapi lokasinya bukan di C:\Windows, maka bisa jadi adalah virus. Selain itu, jika kita hilangkan tanda check program atau aplikasi tertentu kemudian setelah beberapa waktu di refresh kembali lagi atau muncul lagi, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut merupakan salah satu virus.

Penutup
Kesimpulan
Perkembangan virus komputer lainnya telah menimbulkan dampak yang sangat besar dan meluas. Perkembangan teknologi sistem komputer dan komunikasi sering kali dijadikan virus komputer sebagai cara untuk mencari media penyebaran diri yang baru. Mulai dari penyebaran melalui floppy disk dan boot sector pada awal berkembangnya komputer.
Dengan semakin kaburnya batasan antara peralatan komunikasi wireless dan komputer, ditambah lagi globalisasi seluruh dunia, maka virus komputer akan merambah dunia komunikasi jenis ini. Selain itu jaringan komunikasi  yang semakin marak digunakan dalam berbagai macam aplikasi, dengan kemampuan untuk melewati berbagai bentuk pengamanan sistem seperti firewall, dapat menjadi sasaran empuk dari perkembangan virus komputer.

Saran
Penulis merasa perlunya ada penelitian dan pengembangan lebih lanjut mengenai virus, untuk menghadapi ancaman dari virus komputer dan berbagai jenis malware lainnya. Menginat pertumbuhan jaringan komunikasi wireless dan lainnya di seluruh dunia, dan besarnya dampak yang dapat ditimbulkan jika keamanannya terganggu.
Adapun sebagai pengguna komputer, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk menghindari system kita drai ancaman virus maupun akibat-akibat buruk yang ditimbulkan.
·         Pasang anti virus pada sistem komputer. Sebagai perlindungan di garis depan,
·         penggunaan anti virus adalah wajib.
·         Update database program anti virus secara teratur. Ratusan virus baru muncul pada setiap bulannya. Usahan untuk selalu meng-update database dari  program anti virus yang anda gunakan.
·         Berhati-hati dalam menjalankan program baru. Lakukan scanning terlebih dahulu dengan anti virus sebelum menjalankan sebuah file yang di dapat dari mendownload dari internet.
·         Kita harus mencurigai apabila terjadi keanehanpada sistem komputer. Menurunnya performa sistem secara drastis, khususnya saat melakukan operasi pembacaan / penulisan file di disk, serta munculnya masalah pada software  saat dioperasikan bisa jadi merupakan indikasi bahwa sistem telah terinfeksi oleh virus.
·         Backup data secara teratur.
Pustaka Rujukan
Setiawan, Wawan. (2009). Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi.  
    Bandung: UPI PRESS.

           
Fisjono. (2009). Awas Virus Terbaru !!!”. [Online].Tersedia:
     direkam pada 20 Desember 2009. [07 April 2010].



Xin Li. Computer Viruses: The Threat Today and The Expected Future. Linkoping
     Institue of Technology. 2003.


CERT.(2000). "Love Letter Worm".[online].Tersedia:
     http://www.cert.org/advisories/CA-2000-04.html yang direkam pada 04 Mei 2000.
    [23 April  2010].


Jaya,Faransyah.(2000)."Virus ILOVEYOU".[online].Tersedia:
     05 Mei 2000.[23 April 2010].


Malistyo,Dwi.(2000)."Awas!, ‘I Love You’ menyerang".[online].Tersedia:
      04 Mei 2000.[23 April 2010].


Share on :