link menu

Thursday, January 29, 2015

Dinamika Perilaku

Anak manusia lahir tidak berdaya, tidak dilengkapi insting yang sempurna, masa penyesuaian untuk belajar memerlukan waktu yang cukup lama, kemampuannya masih terbatas, oleh karenanya anak manusia perlu bantuan, perlu perlindungan dan perawatan.(Landasan Pendidikan, 2009).Manusia sebagai makhluk Tuhan dan sebagai makhluk social memerlukan bantuan dan senantiasa berinteraksi baik dengan Tuhan (sebagai Penciptanya) maupun dengan lingkungannya.
Manusia itu bisa dianalogikan seperti komputer yang terdiri dari 3 komponen hardware (Keyboard, Processor, dan Monitor). Keyboard berfungsi untuk memasukan input yang akan diterima, diproses, dan disimpan oleh processor. Setelah itu output akan muncul sebagai tampilan di Monitor. Dalam kehidupan manusia input bisa dalam bentuk proses pembelajaran (pengalaman, pengamatan, dsb). Sedangkan proses adalah mekanisme yang terjadi di organ tubuh manusia terutama otak (sebagai processor). Ouput dari proses itu bisa muncul dalam bentuk konsekuensi, perilaku, dan perasaan manusia. Ketiga hal tersebut tidak bisa dipisah-pisahkan karena semua memiliki kaitan proses.

Jika ketiga komponen (input, proses, dan output) ini bisa dipahami dengan baik maka hasilnya akan optimal namun setiap manusia memiliki insting dan persepsi yang berbeda-beda terhadap suatu kejadian atau peristiwa sehingga interpretasi yang muncul dari setiap individu juga berbeda-beda, akibatnya perilaku yang muncul sebagai respon dari suatu keadaan, peristiwa dan kejadian pun akan berbeda-beda.

Perilaku adalah segenap manifestasi hayati individu dalam berinteraksi dengan lingkungan, mulai dari perilaku yang paling nampak sampai yang tidak tampak, dari yang paling dirasakan sampai yang paling tidak dirasakan.



Tugas Kuliah Psikologi pendidikan



Share on :

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, terimakasih telah berkunjung :)