link menu

Thursday, January 29, 2015

MANAJEMEN PENDIDIKAN

Hasil Resume kuliah mata kuliah Pengelolaan Pendidikan

A. PENGERTIAN MANAJEMEN DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN

1. Pengertian Manajemen
Manajemen merupakan suatu proses tertentu yang menggunakan kemampuan atau keahlian untuk mencapai suatu tujuan yang di dalam pelaksanaannya dapat mengikuti alur keilmuan secara ilmiah dan dapat pula menonjolkan kekhasan atau manajer dalam mendayagunakan kemampuan orang lain.
Dengan demikian terdapat tiga focus untuk mengartikan manajemen yaitu:

  1. Manajemen sebagai suatu kemampuan atau keahlian yang selanjutnya menjadi cikal bakal manajemen sebagai suatu profesi. 
  2. Manajemen sebagai proses yaitu dengan menentukan langkah yang sistematis dan terpadu sebagai  aktifitas manajemen. 
  3. Manajemen sebagai seni tercermin dari perbedaan gaya seseorang dalam menggunakan atau memberdayakan orang lain untuk mencapai tujuan.
Dari pendapat beberapa ahli dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan kemampuan dan keterampilan khusus yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan suatu kegiatan baik secara perorangan ataupun bersama orang lain atau melalui orang lain dalam upaya mencapai tujuan organisasi secara produktif, efektif dan efisian.

2. Pengertian Manajemen Pendidikan
Manajemen pendidikan adalah suatu penataan bidang ggarapan pendidikan yang dilakukan melalui aktivitas perancanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pembinaan, pengkoordinasian, pengkomunikasian, pemotivasian, penganggaran, pengendalian, pengawasan penilaian dan pelaporan secara sistematis untuk mencapai tujuan pendidikan secara berkualitas.

B. TUJUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN


Dilakukan manajemen agar pelaksanaan suatu usaha terencana secara sistematis dan dapat dievaluasi secara benar, akurat, dan lengkap sehingga mencapai tujuan secara produktif yaitu perbandingan terbaik antara hasil yang diperoleh dengan jumlah sumber yang dipergunakan, berkualitas yaitu menunjukan kepada suatu ukuan penilaian atau penghargaan yang diberikan atau dikenakan kepada barang dan/atau jasa tertentu berdasarkan pertimbangan objektif atas bobot dan/atau kinerjanya,efektifitas yaitu ukuran keberhasilan tujuan organisasi, dan efisiensi berkaitan dengan cara yaitu membuat sesuatu dengan betul atau perbandingan antara input/ sumber daya dengan output.

C. PRINSIP MANAJEMEN

Douglas(1963:13-17) merumuskan prinsip-prinsip manajemen pendidikan sebagai berikut
  1. Memprioritaskan tujuan di atas kepentingan pribadi dan kepentingan mekanisme kerja
  2. Mengkoordinasikan wewenanng dan tanggung jawab
  3. Memberikan tanggung jawab pada personil sekolah hendaknya sesuai dengan sifat-sifat dan kemampuannya. 
  4. Mengenal secara baik factor-faktor psikologis manusia  
  5.  Relatifitas nilai-nilai.
Prinsif diatas memiliki esensi bahwa manajemen dalam ilmu dan prakteknya harus memperhatikan tujuan, orang-orang, tugas-tugas, dan nilai-nilai.

Prinsip manajemen di klasifikasikan menjadi tiga ranah yaitu:
  1. Prinsip manajemen berdasarkan sasaran: Bahwa tujuan adalah sangat esensial bagi organisasi Hendaknya dalm sebuah organisasi merumuskan tujuan yang dapat dijabarkan dalm bentuk visi, misi, dan sasaran-sasaran.
  2. Prinsip manajemen berdasarkan orang: Keberadaan orang sangat penting dalam suatu organisasi.Karena tanpa orang organisasi bukan apa-apa.
  3. Prinsip manajemen berdasarkan informasi: Banyak aktifitas manajemen yang membutuhkan data dn informasi secara cepat, lengkap, dan akurat.

Adapun fungsi kehadiran manajemen dalam organisasi adalah untuk melaksanakan kegiatan agar suatu tujuan dapat tercapai dengan efektif dan efisien.

D. PROSES MANAJEMEN
  1. Merencanakan atau membuat suatu target-target yang akan dicapai atau diraih di masa depan
  2. Mengorganisasikan, yaitu proses mengatur, mengalokasikan dan mendistribbusikan pekerjaan, wewenang dan sumber daya diantara anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.
  3. Memimpin
  4. Mengendalikan, yaitu proses untuk memastikan bahwa aktifitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan.

E. PERKEMBANGAN PEMIKIRAN MANAJEMEN

1. Teori manajemen ilmiah
  • Empat prinsip dasar yang dikembangkan Taylor adalah;
  • Pengembangan metode ilmiah dalam manajemen agar suatu pekerjaan dapat ditentukan metode pencapaian tujuannya secara maksimal 
  • Seleksi ilmiah untuk karyawan agar para karyawan dapat diberikan tugas dan tanggung jawab sesuai keahlian 
  • Pendidikan dan pengembangan karyawan 
  • Kerjasama yang harmonis antara manajemen dan para karyawan
2. Manajemen organisasi klasik atau manajemen operasional modern
Henri Fayol merumuskan empat belas prinsip manajemen yaitu:

1) Pembagian kerja
2) Wewenang
3) Disiplin
4) Kesatuan Perintah
5) Kesatuan pengarahan
6) Meletakan kepentingan perseorangan dibawah kepentingn umum
7) Imbalan
8) Sentralisasi
9) Khirarki
10) Susunan
11) Keadilan
12) Stabilits staf organisasi
13) Inisiatif
14) Semangat Corps

3. Aliran Perilaku(Behavioral Sciences)
Aliran perilaku organisasi menganut prinsip bahwa:
  • Organisasi adalah satu keseluruhan,jangan dipandang bagian per bagian
  • Motivasi karyawan sangat penting yang menghasilkan komitmen untuk pencapaian tujuan organisasi
  • Manajemen tidak dapat dipandang sebagai suatu proses teknis secara ketat
4. Pendekatan system
Pendekatan system memandang bahwa organisasi sebagai system yang dipersatukan dann diarahkan dari bagian-bagian/komponen-komponen yang saling berkaitan.

5. Pendekatan kontingensi atua pendekatan situaional
Pendekatan kontingensi atau pendekatan situaional merupakan suatu aliran manajemen yang menekankan kepada situasi atau kondisi tertentu yang dihadapi.

Itulah beberapa perkembangan pemikiran manajemen. Namun pada saat ini penerapan manajemen didasarkan pada pendekatan kontingensi yang memadukan antara aliran ilmiah dengan perilaku daam suatu system yang diterapkan menurut situasi dan lingkungan yang dihadapi.
Share on :

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, terimakasih telah berkunjung :)