link menu

Friday, February 8, 2013

Perbedaan Domain sama Hosting itu apa sih?

DOMAIN

Domain itu nama unik untuk identifikasi web kamu misalnya www.webkamu.com. Tapi sebenarnya nama domain tersebut adalah merupakan nama “pengganti”, karena asal alamat sebuah halaman web adalah terdiri dari deretan angka IP address tertentu seperti 75.125.190.194. Penggantian nama tersebut tujuannya adalah supaya lebih mudah dikenal.

Kelebihan lain dari sebuah nama domain adalah bisa mengindentifikasi atau membranding sebuah alamat website. Nama domain juga bersifat unik dan terorganisir sehingga tidak mungkin ada 2 nama domain yang sama di internet. Kalau ada nama domain seperti webkamu.com, maka webkamu.com tidak mungkin ada di 2 atau lebih alamat website, kecuali jika ada perbedaan seperti ini: 
web-kamu.com, webkamu.net, webkamu.org, dll
Perbedaan tersebut bisa karena ada tanda strip ( - ) di tengah nama Scond Level Domain, seperti web-kamu, atau bisa juga karena ada perbedaan pada Top Level Domain, seperti .net (dotnetwork), .org (dotorganization), .info (dotinformation), .edu (doteducation), .gov (dotgoverment), .mil (dotmilitary), dan sebagainya, .com sendiri adalah singkatan dari dotcommercial. Sedangkan jika perbedaan tersebut karena bedanya antara huruf besar dan kecil, maka itu tidaklah berpengaruh, misalnya webkamu.com bisa saja hurufnya diganti dengan huruf besar semua seperti WEBKAMU.com atau dengan huruf kecil semua seperti WEBKAMU.com.

Selain Scond Level Domain dan Top Level domain, maka ada juga yang disebut dengan Thrid Level Domain atau yang lebuh dikenal dengan sebutan Subdomain, seperti ab.webkamu.com (ab = Third Level domain atau Subdomain, webkamu = Scond Level Domain, .com = Top Level domain). Contoh lainnya dari subdomain seperti webkamu.blogspot.com.

HOSTING
Hosting atau web-hosting sebenarnya adalah istilah yang diberikan bagi perusahaan yang menyediakan salah satu bentuk layanan jasa “penyewaan tempat di internet”, dan memungkinkan seseorang atau sebuah perusahaan menyimpan file-file websitenya di sana, sehingga seseorang atau perusahaan tersebut bisa menampilkan layanan data, jasa, atau produknya di halaman website/halaman situs internet.

sumber:http://bakhosting.com/bakhosting-blog/35-perbedaan-domain-dan-hosting-itu-apa-sih.html
Share on :