link menu

Saturday, March 9, 2013

Menjalankan PHP dengan XAMPP

Ilmu tanpa amalan bagaikan pohon tanpa buah.Begitulah perumpamaan ilmu yang tidak diamalkan. Semoga ilmu yang kita miliki bermanfaat dunia dan akhirat. Amin Ya Robbal Alamien.


Hari ini saya mencoba mengingat satu pelajaran yang saya dapatkan di semester 3-4 karena mendapat tugas yang berhubungan dengan hal tersebut, sekarang saya berada di akhir semester 6. Parahnya saya tidak mengingat apapun sehingga harus bertanya pada teman, hufs malu nya -.-"Apakah itu, nah Menjalankan PHP dengan XAMPP gimana yah?

Sebelumnya bahas singkat dulu deh

PHP (akronim dari Hypertext prepocessor) adalah salah satu bahasa pemograman selain HTML yang digunakan untuk membuat sistem informasi berbasis web, nah untuk menggunakan atau meng-run programnya kita harus memakai program lain yaitu XAMPP. Koding bahasa pemograman HTML dan PHP bisa disatukan dengan menyimpan file tersebut dengan ekstensi .php.

XAMPP adalah salah satu software dari Apache Fiends yang bisa digunakan untuk menjalankan bahasa pemograman PHP atau file yang berektensi .php, nah XAMPP merupakan satu paket yang terdiri dari Apache, MySql, FileZilla, Mercury, Tomcat. Yang digunakan untuk menjalankan bahasa pemograman PHP atau file yang berektensi .php itu Apache. Selain itu XAMPP juga bisa digunakan untuk membuat database/kumpulan data dengan menggunakan salah satu fungsinya yaitu MySql.


Trus cara menjalankan PHP dengan XAMPP gimana?

Nah langkahnya sebagai berikut,

1. Buat file berextensi .php di notepad, dengan membuka program notepad. Kemudian ketikan


kemudian save dengan nama "index.php" di folder baru dengan nama "belajar"

2. Aktifkan Apache di XAMPP Control dengan menceklist kolom kotak disebelahnya terus klik start, seperti berikut



3. Pindahkan "index.php" di folder "belajar" tersebut ke folder tempat menginstal program XAMPP, biasanya C:\xampp\htdocs.

5. Kemudian bika salah satu software browser seperti Mozilla, lalu ketikkan localhost/belajar/index.php

In syaa' Allah akan muncul tulisan Hello Word di halaman software browser


Sumber : http://inspire4muslimah.blogspot.com/2012/06/menjalankan-php-dengan-xampp.html
Share on :