link menu

Saturday, September 14, 2013

Episode SMP Negeri 2 Bungbulang

September tahun ini, saya sedang melaksanakan PPL di salah satu SMP Negeri di Bandung, tepatnya SMPN 12 Bandung. Tetiba merindu masa-masa SMP sesaat ketika melaksanakan upacara bendera. Ritual yang sudah sangat lama tidak dilaksanakan, sedikit terharu juga sih  saat  3 orang anak di depan menaikan bendera merah putih yang diiringi instrument lagu Indonesia Raya. Dulu saya yang di depan sana, biasanya saya berada di posisi tengah pembawa bendera merah putih tersebut.

Dulu saya senang sekali kalau ditunjuk menjadi petugas upacara bendera, semangat nasionalisme saya saat itu tinggi sekali. Jadi mau sedikit cerita pengalaman saya saat di SMP.
SMPN 2 Bungbulang
Saya masuk SLTPN 2 Bungbulang (Dulu masih belum disebut SMP) pada tahun 2003, satu-satunya sekolah SMP negeri yang ada di desa kami, desa Bojong. Lokasinya ditengah tegal kaya kebun gitu, banyak pohon bambu dan konon katanya bekas kuburan, dan memang banyak kuburan. Jarak tempuh dari rumah ke sekolah sekitar 1Km (kayanya) jarak tempuh kalau jalan kaki dan jalannya cepat itu sekitar setengah jam. Saya biasa jalan kaki, meski kadang orang tua suka bilang ngojeg saja, dan pada saat itu memang ongkos ojeg itu terhitung murah sih tapi ada alasan mengapa saya memilih jalan kaki, jalannya itu lhoo dahsyat rusak, dan takut sekali kalau naik ojeg (karena pake rok, saya ngga bisa duduk ngempol, ngempol apa ya?? Yaa.. gitulah). Tapi sungguh menyenangkan, setiap kali berangkat dan pulang sekolah. Saya berangkat sekolah biasa janjian dulu dengan kawan-kawan di lapang Barujaya (lapangan sepak bola), waktu itu suka bareng-bareng sekitar 8 orang, sebelum lengap 8 orang biasanya kami belum dulu berangkat, nunggu lengkap dulu. Aiihh so sweet… banget pokoknya, kompak.. Start berangkat dari lapang Barujaya biasanya pukul 06.20, nyampe sekolah biasanya pukul 06.55, tapi kadang telat juga. Jalanan menuju ke sekolah ada 3 rute. Yang 1 nanjak bangeeettt tapi lebih deket , yang ke dua sedeng lah, yang ke tiga nggak begitu nanjak tapi nguriling. Kami biasa sering menempuh rute jalan yang pertama yang nanjak banget. Oke sih berangat sekolah mudun, tapi pulang sekolahnya itu lho lagi panas-panasnya, matahari di atas kepala, membuat kami kewalahan. Sampe-sampe beberapa kali berhenti dan kami sengaja melambatkankan perjalanan sampai 1-2 jam perjalanan, dengan sedikit candaan – candaan yang kini sering banget ku rindukan, tiduran dijalanan (jangan membayangkan jalanan di kota ya, kampung lho ini) akkkk kangen banget masa-masa itu bersama kawan-kawan yang saat ini sudah pada punya anak..huhu.. saya aja yang belum nih.. ehhheehe… :D

Kalau lagi hujan sepatu bisa samapai selegedu ini di jalan
Okelah semenjak masuk SMP ceritanya kami pasukan dari Barujaya pada oke-oke lho dalam prestasi, menjadi kebanggaan tersendiri bagi SMPN 2 Bungbulang ini. SelamaSMP, saya aktif di ekskul Pramuka. Saya senang kalau ada camping” kaya gitu, pasti selalu ikut. Kalau kaitannya pramuka, pasti mau ikut sejak SD kelas 4, dan paling mengesankannya itu, selalu aja terpilih jadi ketua regu. Padahal dulu saya orangnya pemalu(sekarang juga masih), tapi selalu ditunjuk bae sebagai ketua. Nyebelin sih sebenarnya waktu itu.. aiih saat itu kelas 2, saya terpilihah jadi pratama putri, bari gak bener mimpinnya :p. 
Gudep puteri
Anggota pramuka SMP 2 Bungbulang
Pakemahan

Saya menyenangi olah raga volley Ball dan sepak bola, jadi kalau ada lomba-lomba kaya gitu, pasti selalu ikut. Senengg bangettt, sampe sekarang juga masih menyenangi sih..
Pertama kali masuk SMP tamapang-tampang saya itu rada tomboy gitu, ngga nyangka bakal se-feminin ini :p belum pake jilbab. Bayangin rambut saya pendek ala cowok gitu, mamah sih kalau potong rambut sukanya gaya gitu terus, selalu kecewa sih.
Ini lapangan yang biasa saya pake buat sepak bola sama tim
Saya menyenangi mata pelajaran matematika, ekonomi dan sejarah. Saya tidak suka mata pelajaran bahasa Inggris, malangnya sampai sekarang saya masih belum suka bahasa inggris makanya kacau bangetlah bahasa inggris saya  :|
Sebelah kiri pak Usnadi guru matematika pavorit saya, yang paling kanan ibu Evi guru Ekonomi pavorit juga
Mereka pada ngepans sama saya,, ehhh
Ada teman special pula saat dulu di SMP namanya Susilawati, Juita, Endang, Riki dan Veri, rindu mereka banget saat ini.. Tingkah mereka yang aneh selalu membuat hari-hari saat sekolah itu menyenangkan. Kini Susilawati sudah menikah dan sudah punyai anak, dia kawan yang paling dekat orangnya manis sekali, dia teman curhat dan kalau nggak ada dia tu terasa ada yang kurang. Juita dia pintar, cantik mirip artis korea, menarik dan dia tuh lucu bangettt, cerewetnya minta ampun sudah menikah sekarang, Endang dia meski terlihat dewasa dan sombong dia tuh sebenarnya kekanak-kanakan, dan manja banget, pinter nyanyi, dan cantik, kami adalah orang yang selalu mendengarkan suara indahnya, kini pun ia sudah menikah, very dia anaknya nakal sekali, mirip orang jepang (putih dan sipit) orangnya geregetan, jail dan nyebelin tapi baik juga sih dia, yang mampu memendam rapat perasaan sukanya dia pada seorang wanita yang berinisal M :p gak tau sekarang ada dimana sudah menikah/belum saya tidak tahu, kemudian Riki dia adalah KM di kelas kami, karena saya wakilnya dan satu organisasi di pramuka juga jadi kami dekat sekali dia orangnya tinggi, playboy, hitam manis, lumayan ganteng sih, jail pisan, suka nyindir-nyindir, nyebelin juga, kami sering bertengkar karena saya selalu menolak cintanya setiap hari haha #ehh keberadaan nya kini entah dimana, terahir komunikasi kuliah tingkat 2, satu hal yang selalu ia tanyakan dari dulu “Mia jawab” haha sudahlah.. mereka sahabat baik semua. Oh iya, kalau saya orangnya tuh...bla,,bla,, blaa,, ada 1 hal yang tidak berubah dari saya sejak dulu, di masanya saya tetep saja jadi anak gendut yang lucu haha..

Aktivitas saya di sekolah, dikenal sebagai anak rajin, percaya deh!! Dulu di kelas saya anak pintar, eeeaaa,, haha… sekarang aja, semenjak kuliah saya jadi kurang rajin dan kurang pintar :’(
Oiya biasanya di sekolah kami, tidak cukup juara di kelas saja tapi seangatan dan sesekolah. Saingan terberat saat itu adalah a oman(Abdulrahman) kakak kelas sih, dia anak Pamungguan. Oiya sedikit cerita jarak pamungguan ke sekolah itu jauh banget, berangkatnya itu sebelum adzan subuh lho, ihh kerenlah anak pamungguan. Saingan ke dua itu adalah sodara Kabulek(Kabul), dia memang saingan dalam hal apapun(sampai sekarang -___-), kalau ketemu sudah terbaca dari matanya haha api menyala-nyala kode “siap bersaing” haha,,  menyenangkan. "Eh heureuy ketang kabul, kitamah bespren :D"

Di tahun 2004, kami (saya, Kabul, a oman) sempat jadi 1 tim dalam sebuah kompetisi perlombaan. Iiihh.. kenangan termanislah itu :D. Masing-masing dari kami melanjutkan sekolah di Garut, a oman di STM Negeri Garut, Kabul di YPPT Garut, dan saya di SMKN 1 Garut. Aakk,, pertemuan kami di Garut pun berkesan pula, skenario Tuhan itu terlalu indah bagi kami, Alhamdulillah. Kini a Oman kuliah di UPI, Kabul di Polban, saya di UPI sama-sama di Bandung dan ketemu lagi hihi… takdir.

Potret a Oman  pas banget sehabis lomba tahun 2004, dapat dari blohny







Potret kabulek tempo kini dapat dari fb nya
Ada hal yang saya bahagia dengan kita, persaingan kita yang berujung pada cita-cita mulia, meski dengan pelantara jalan yang berbeda. Sampai berjumpa di puncak kejayaan kawans :’)


Inilah sebagian kenangan yang tak akan pernah lupa, mengisi beberapa lembaran-lembaran kehidupan saya. Takan pernah bisa kembali memang, namun lembaran itu bisa kapan saja ku buka, diingat sebagai salah satu kenangan terindah dalam hidup saya. Sepenggal episode kehidupan yang telah terlewati. Saya bahagia bisa sekolah di SMPN 2 Bungbulang, saya bahagia dan saya bangga .. 

Mia Ira Antika
Puncak ledeng; 14 September 2013; 01:10


Share on :